Antisipasi Arus Balik, Gubernur Aceh Minta Setiap Pos Perbatasan Diperketat Termasuk Aceh Singkil

ntisipasi Arus Balik

topmetro.news – Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah kembali mengeluarkan surat edaran kepada seluruh bupati dan walikota se Aceh. Surat Edaran No. 440/9212 itu perihal antisipasi perjalanan masyarakat pada arus balik Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021.

Dalam surat itu dikatakan, untuk mengantisipasi merebaknya wabah Pandemi Covid-19 pada arus mudik Lebaran ini, agar melakukan pengetatan di setiap perbatasan. Termasuk perbatasan Aceh Singkil dengan Tapteng (Sumut).

Pengetatan itu, menurut Plt Kadis Kesehatan Aceh Singkil Nurman, adalah untuk menindaklanjuti Surat Edaran Ketua Gugus Tugas Covid-19 tertanggal 12 Mei 2021. Yakni tentang pengendalian transportasi selama Idul Fitri dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Corona Virus.

“Maka dilakukan pengetatan di setiap perbatasan. Termasuk di perbatasan Aceh Tapteng,” ucap Nurman, Senin (17/5/2021).

Dalam hal itu akan berlangsung pengecekan secara teliti. Meliputi dokumen RT-PCR swab test antigen atau Genose untuk setiap pelaku perjalanan masyarakat pada arus balik Idul Fitri. Berlaku di setiap pos penyekatan antar Provinsi.

“Selain itu juga akan ada perpanjangan waktu untuk mengantisipasi arus mudik hingga tanggal 24 mendatang,” imbuhnya.

Pasien Covid-19

Sementara hingga Hari Senin (17/5/2021), menurut informasi, ada penambahan lima pasien Covid-19 di Aceh Singkil.

“Per hari ini di Aceh Singkil, ada penambahan kasus pasien terpapar wabah pandemi sebanyak lima kasus. Dan saat ini mereka melakukan isolasi secara mandiri di rumah,” tutupnya.

BACA | Akibat Listrik Sering Mati, Perekonomian di Pulau Banyak Aceh Singkil Kini Terancam

Sebagai informasi, saat ini di Aceh Singkil, sedikitnya ada 18 pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment